Tips Mudah Untuk Mencegah Nomor WhatsApp Diretas

Di zaman yang serba mengandalkan digital ini, kewaspadaan terhadap berbagai bentuk kejahatan cyber harus ditingkatkan. WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang banyak digunakan dan semakin populer. Banyaknya pengguna WhatsApp tidak menjamin aplikasi ini aman. Hacker bisa saja meretas nomor WhatsApp sewaktu-waktu. Berikut ini beberapa tips untuk mencegah nomor WhatsApp diretas.

  1. Jangan sembarang meng-klik link

Cara mencegah nomor WhatsApp diretas adalah dengan tidak sembarang meng-klik link yang dikirimkan seseorang, apalagi jika kamu tidak mengenal orang itu. Terkadang hacker menggunakan modus berupa link tautan yang berisi masa langganan WhatsApp yang telah habis. Padahal isi tautan tersebut bisa saja berisi virus.

  1. Jangan lupa log out dari WhatsApp Web

Ketika menggunakan WhatsApp Web, tak sedikit orang yang lupa keluar dari web tersebut. Mungkin tidak jadi masalah kalau kamu menggunakan perangkat komputer pribadi. Tetapi jika kamu menggunakan perangkat komputer umum, sangat mungkin nomor WhatsApp-mu diretas.

  1. Setel pengaturan privasi

Cara mudah melindungi nomor WhatsApp berikutnya adalah dengan mengubah setelah privasi. Ubahlah setelan dalam WhatsApp-mu menjadi ‘hanya kontak’ untuk beberapa tampilan seperti foto profil. Cara ini dapat mencegah orang-orang yang tidak termasuk dalam daftar kontak melihat foto profilmu.

  1. Gunakan Fitur Two Step Verification

Jika ingin nomor WhatsApp aman, gunakan fitur two step verification atau verifikasi dua langkah. Dengan mengaktifkan fitur ini memungkinkan orang lain sulit menggunakan atau meretas nomor WhatsApp-mu. Cara mengaktifkannya tidak sulit. Bukalah pengaturan WhatsApp kemudian klik akun. Klik tombol verifikasi dua langkah. Kamu akan diminta membuat pin dan memasukkan alamat email.

  1. Kunci Layar WhatsApp-mu

Sekarang kamu tidak perlu khawatir aplikasi WhatsApp-mu dibuka orang lain. Gunakan fitur sidik jari untuk mengunci layar WhatsApp agar tidak sembarang orang bisa membuka aplikasi WhatsApp-mu. Cara mengaktifkannya cukup mudah. Bukalah pengaturan, kemudian klik bagian privasi. Aktifkan opsi kunci layar.

  1. Jangan backup isi obrolan ke cloud

Setiap obrolan di aplikasi WhatsApp sudah diamankan dengan enkripsi end-to-end sehingga kamu tidak perlu mem-backup isi obrolanmu ke cloud seperti Google Drive. Jika kamu melakukannya, isi obrolanmu tidak dijamin lagi oleh pihak WhatsApp karena sangat mungkin diretas oleh hacker.

  1. Aktifkan notifikasi keamanan

Jarang orang yang sadar akan pentingnya notifikasi keamanan. Padahal dengan mengaktifkan notifikasi keamanan, kamu akan mendapat pemberitahuan ketika nomor WhatsApp-mu didaftarkan oleh orang lain atau dibuka di perangkat lain.

Tips-tips di atas tergolong mudah, tetapi banyak manfaat yang didapat jika mencobanya. Seiring dengan perkembangan dunia digital, kewaspadaan pun harus selalu ditingkatkan. Peretasan nomor WhatsApp seringkali kurang disadari. Ketika akun WhatsApp tidak lagi di tangan, barulah orang menyadari bahaya peretasan.

Referensi: https://teknolagi.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *