Tips Menyalakan Genset untuk Pemula

Pada dasarnya tak ada hal yang khusus dan spesial dalam mengoperasikan sebuah mesin genset. Namun, hal ini akan sangat berguna ketika mendadak anda disuruh untuk menghidupkan mesin diesel ini. Disaat genting dan panik anda bisa mengikuti 4 Tips menyalakan genset berikut ini:

  1. Cek Bahan Bakar

Bahan bakar adalah komponen paling penting dalam sebuah mesin. itu juga berlaku pada genset. Jadi tak ada salahnya untuk mengecek bahan bakar genset terlebih dahulu. Genset memiliki beberapa varian begitu juga dengan bahan bakar yang digunakannya. Sebagai contoh pada mesin genset portable biasanya menggunakan premium untuk bisa dioperasikan. Genset yang sudah lama tidak digunakan biasanya bahan bakarnya akan menguap dan sisa sedikit, oleh karena itu perlu dilakukan pengisian ulang. Usahakan isi sewajarnya saja. Hindari pengisian berlebihan yang menyebabkan meluber.

  1. Pastikan Oli mesin aman

Sama halnya dengan mesin lainnya, peran oli sangat sentral karena bisa membantu dalam perputaran mesin. Oli yang terlalu encer apalagi sudah berkurang volumenya bisa menyebabkan mesin menjadi tersendat-sendat bahkan bisa tidak mau menyala karena terlalu berat perputarannya. Oleh karena itu penting untuk mengecek oli dan menggunakan yang sesuai dengan oli yang disarankan.

  1. Pastikan kondisi Accu

Bahan bakar sudah terisi, kondisi oli sudah sesuai namun mesin masih susa menyala? Mungkin ada permasalahan pada accu mesin anda. Starter mesin berkali-kali namun masih gagal menyala bisa jadi karena listrik dalam accu mulai tekor. Silahkan coba setrum ulang accu anda. Jika masih gagal maka besar kemungkinan accu anda soak dan wajib diganti.

  1. Nyalakan genset

Jika anda telah melakukan ketiga langkah diatas sekarang anda sudah boleh mencoba menghidupkan ulang mesin generator anda.

Geser tuas choke pada mesin ke arah ON, Sama halnya pada sepeda motor tombol choke sangat berguna untuk mesin dingin agar lebih cepat menyala. Tuas choke pada genset sendiri biasanya terletak berdekatan dengan karburator dan memiliki logo segitiga.. ketika tuas choke suda sekarang geser tuas pengatur udara menuju posisi ON juga. mesin pun siap digunakan.

Mesin genset yang terawat pasti mudah untuk dinyalakan, berbeda halnya dengan mesin yang jarang digunakan dan di rawat. Jika anda mengalami permasalahan maka tak ada salahnya untuk mencoba menghubungi teknisi tempat anda membeli.

Sementara itu, jika anda sedang berencana untuk membeli genset tak ada salahnya untuk menghubungi abcpowergenset.com. Selain memiliki beragam pilihan merk mesin, ABC Power memang dikenal sebagai distributor resmi dengan dukungan teknisi handal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *