Metode dalam Mengobati Kista

Apa yang dimaksud penyakit kista? Bagaimana metode dalam mengobati kista? Nah kali ini kita akan membahas tentang kista, yang sering dialami oleh orang-orang. Kista adalah penyakit berupa kantong yang berisikan cairan dan bahan padat lainnya serta bisa tumbuh di bagian tubuh manapun. Dalam dunia medis kista sangat banyak jenisnya dan bersifat jinak, meskipun ada beberapa yang berpeluang menjadi ganas. Pada umumnya orang yang menderita kista akan tumbuh berupa benjolan yang tumbuh di atas ataupun di bawah kulit. Penyakit kista tidak menimbulkan gejala apapun dan sampai sekarang tidak diketahui apa penyebab utamanya.

Biasanya kista yang menyerang kaum perempuan adalah kista ovarium, kista ini akan tumbuh di indung rahim dan bisa muncul saat masa subur atau saat dalam tahap menstruasi. Kista yang memiliki ukuran kecil tidak beresiko bagi penderita dan akan menghilang dengan sendirinya. Namun, apabila kista tidak juga mengecil dan tidak mau menghilang maka dianjurkan untuk segera mengobati kista agar tidak berdampak buruk bagi penderita. Penderita akan mengalami nyeri pada panggul, perut kembung, haid lebih dari satu minggu, dan buang air kecil lebih sering dari sebelumnya.

Untuk mengobati kista yang tumbuh, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan diantaranya adalah jenis kista, lokasi tumbuhnya kista, dan tingkat keparahan infeksi kista. Metode untuk menghilangkan kista bisa dilakukan dengan cara:

  • Menggunakan obat-obatan

Obat yang biasa dipakai dokter untuk menghilangkan kista adalah kortikosteroid dan antibiotik, tujuan pemberian obat ini untuk menurunkan pembengkakan yang disebabkan kista.

  • Metode berendam

Metode ini sering disebut dengan istilah sitz bath, yang artinya metode berendam dengan menggunakan air hangat yang harus dilakukan 2-3 kali sehari untuk menyusutkan kista secara berkala.

  • Metode aspirasi

Metode ini digunakan untuk mengeluarkan cairan yang berada di dalam kista agar pertumbuhannya terhambat dan bisa hilang dengan sendirinya.

  • Operasi pengangkatan kista

Operasi bisa menjadi pilihan terakhir saat kista tumbuh di organ yang sulit untuk dijangkau dan ukurannya besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *