Mengenal 4 Jenis Penyakit Kelamin Pada Wanita

Penyakit menular seksual (PMS) tidak hanya menyerang pada pria saja, wanita pun juga bisa terkena terlebih jika yang hobi melakukan pergaulan bebas. PMS sendiri bukanlah penyakit baru karena sebenarnya sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu. Beberapa jenis penyakit masih bisa diobati namun beberapa lagi sulit untuk disembuhkan.

Jenis penyakit kelamin yang biasa diderita oleh para wanita antara lain adalah:

1. Gonorea
Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang bernama Nesseria gonorrheae. Bakteri ini bisa menyebar melalui hubungan seksual. Gejala yang diamalmi antara lain adalah rasa gatal dan terbakar pada bagian intim, bengkak dan kemerahan dan tak jarang mengalami keputihan juga.

Sebenarnya penyakit ini bisa diobati dengan mudah karena hanya membutuhkan suntikan penicillin. Namun seiring berjalannya waktu muncul varian baru dari gonore yang resisten terhadap antibiotik sehingga sulit untuk diobati.

  1. Clamydia

Jika dilihat dari gejala dan cara penyebarannya sebenarnya ada kemiripan antara clamydia dengan gonorea. Bakteri clamydia sendiri biasanya terdapat pada leher rahim aserta uretra meski kadang juga ditemukan pada tenggorokan dan rektum.

Pengobatan yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan antibiotik yang bernama azitromisin oral. Namun karena mahalnya harga obat tersebut, sebagian banyak yang menggunakan obat alternatif seperti doxycycline. Untungnya Claydia ini jauh lebih mudah ditangani karena ada banyak antibiotik yang efektif saat melawan penyakit ini.

  1. Sifilis

Berdasarkan data yang ada, penyakit ini telah ditemukan sejak berabad-abad yang lalu. Penyakit ini sendiri disebabkan oleh bakteri yang bernama spirochete yakni sebuah cacing berbentuk spiral. Bakteri ini menginfeksi orang dengan cara menggali dalam lapisan mulut atau kelamin yang lembab dan berlendir dan menyebabkan ulkus atau luka.

Sama halnya dengan kedua penyakit diatas, Sifilis bisa diatasi dengan pemberian antibiotik dengan dosis yang tepat. Penyakit ini berbahaya bagi wanita hamil karena bisa menularkan kepada sang janin melalui plasenta. Jika tidak diobati, sifilis bisa menyebabkan kebutaan buta hingga kematian pada bayi.

  1. Herpes Genital

Virus herpes simpleks (HSV)  merupakan infeksi virus yang ditularkan melalui kontak intim dengan lapisan mukosa mulut dan kulit kelamin. Setelah memasuki tubuh virus ini akan berjalan ke akar saraf dekat sumsum tulang belakang.

Ada dua jenis virus yang berkaitan dengan lesi genital yakni herpes simplex virus-1 (HSV-1) Serta herpes simplex virus-2 (HSV-2). perbedaan keduanya adalah efek yang dihaasilakn. Jika HSV-1 menyebabkan lecet pada HSV-2  menyebabkan luka di sekitar anus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *