6 Jenis Penyakit yang Berpotensi Besar Diderita oleh Wanita

Ada beberapa jenis penyakit yang lebih berisiko pada salah satu jenis kelamin saja. Misalnya, kanker rahim. Hanya wanita saja yang berpotensi mengidap penyakit ini. Begitu pun sebaliknya. Ada penyakit yang berpotensi besar terjadi pada pria saja.

Perbedaan anatomi tubuh wanita dan pria disebut-sebut menjadi penyebab beberapa penyakit rentan menyerang salah satu jenis kelamin saja. Berikut ini penyakit-penyakit yang berpotensi besa diderita wanita.

  1. Depresi

Penyakit pertama yang lebih rentan dialami wanita adalah depresi. Ada perbedaan fisiologis antara pria dan wanita yang menyebabkan wanita lebih mudah depresi. Perbedaan tersebut adalah perbedaan hormon dimana wanita lebih sering berubah hormonnya setiap bulan saat haid, setelah melahirkan, dan menjelang menopause.

  1. Lupus

Sebenarnya penyakit autoimun yang satu ini dapat menyerang pria maupun wanita. Tetapi, berdasarkan jumlah kasus yang ditemukan, kebanyakan penderita lupus adalah wanita di usia produktif. Faktor utama kerentanan wanita mengidap penyakit ini adalah meningkatnya kadar hormon estrogen dan faktor lingkungan wanita tersebut tinggal.

  1. Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah salah satu penyakit peradangan sendi (arthritis). Penyakit ini termasuk penyakit yang sering dialami orang. Hanya saja, wanita memiliki potensi besar mengidap penyakit ini karena sendi tubuh wanita lebih fleksibel dan tendonnya lebih elastis daripada pria. Susunan tubuh seperti ini memudahkan wanita ketika hamil dan melahirkan. Tetapi risiko terkena osteoarthritis juga besar.

  1. Penyakit seksual menular

Dibanding pria, organ intim wanita memiliki struktur yang lebih lembut dan tipis. Faktor ini menyebabkan bakteri dan virus mudah masuk ke organ intim wanita sehingga wanita mudah terkena atau tertular penyakit seksual. Penyakit seksual menular yang biasanya diderita wanita aalah gonore, klamidia, dan radang panggul.

  1. Infeksi saluran kemih

Letak saluran kemih wanita dekat dengan rektum dan vagina. Padahal, di kedua organ tersebut hidup banyak bakteri. Faktor inilah yang menyebabkan wanita rentan terkena penyakit yang berkaitan dengan saluran kemih seperti infeksi saluran kemih.

  1. Multiple sclerosis

Multiple sclerosis merupakan jenis penyakit autoimun yang berupa gangguan saraf pada otak, mata, dan tulang belakang. Orang yang menderita penyakit ini akan mengalami gangguan fungsi penglihatan dan gangguan pada gerak tubuh. Faktor yang menyebabkan wanita rentan mengalami penyakit ini adalah lemak berlebihan pada tubuh wanita dan adanya perbedaan hormon.

Salah satu faktor yang menyebabkan kecenderungan wanita mengidap suatu penyakit adalah perubahan hormon yang sering terjadi pada wanita. Waspadai gejala dari penyakit-penyakit di atas dan segeralah memeriksakan diri ke dokter ketika ada yang berbeda dalam tubuhmu. Bila perlu, milikilah jadwal rutin dengan dokter dalam rentang waktu tertentu untuk menjaga kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *